Rumah Deradikalisasi di Jawa Tengah Segera Dibangun di Karanganyar

SEMARANG (Asatu.id) – Di Jawa Tengah akan segera dibangun rumah deradikalisasi. Rumah tersebut akan dibangun Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Kepala BNPT, Komjen Suhardi Alius menuturkan bahwa rencananya rumah tersebut akan dibangun di Karanganyar.

“Saya sudah investigasi bersama tim. Nantinya akan kami bangun seperti di Lamongan Jawa Timur dan dipimpin oleh mantan napi teroris yang sudah sadar,” kata Kepala BNPT, Komjen Suhardi Alius, usai mengisi acara Sosialisasi dalam Menangkal Radikalisme, di Universitas 17 Agustus Semarang, Jumat (10/8).

Suhardi menandaskan, dalam proses persiapan pembangunan rumah deradikalisasi tersebut, keluarga dari mantan napi teroris juga akan dilibatkan.

“Mereka jangan dimarginalkan, karena dengan dimarginalkan ada kemungkinan mereka balik kepada jaringannya,” tambahnya.

Suhardi memaparkan, terdapat dua hal yang akan memengaruhi dalam keberhasilan program ini.

“Pertama adalah faktor internal dari yang bersangkutan untuk berubah dan keluarganya, dan kedua yaitu bagaimana penerimaan masyarakat kepada mereka,” tuturnya.

Untuk menyukseskan program ini, BNPT akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk pembinaan agar para mantan teroris bisa mandiri.

“Sebab jika para mantan teroris tidak punya akses ekonomi, hopeless hidupnya, belajar kurang dan tidak ada yang dikerjakan, dikhawatirkan bisa kembali ke faham semula,” tutur Suhardi Alius. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *