Besok Minggu, Menhub Resmi Buka Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2018 di Semarang

SEMARANG (Asatu.id) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan membuka secara resmi Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PKJN) tahun 2018, di Halaman Gedung Merbabu, Kompleks Pusat Rekreasi Promosi dan Pembangunan (PRPP) Jateng, Kota Semarang, Minggu besok (12/8).

Pembukaan PNKJ ditandai dengan gerak jalan massal yang diikuti 2.000 peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk  menggugah kesadaran pengguna jalan agar tertib dan taat aturan lalu-lintas.

Acara ini juga dihadiri Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan segenap jajaran Muspida Kota Semarang.

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat Wilayah X Provinsi Jateng dan DIY, Prasetyo menjelaskan pencanangan PNKJ ini juga untuk  mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Pada PNKJ kali ini, menurut Prasetyo, kegiatan lebih menyasar kepada anak-anak remaja. Karena, kecelakaan yang terjadi lebih didominasi dari kalangan remaja yang sebelumnya melakukan pelanggaran lalu-lintas.

Prasetyo mengatakan, selain gerak jalan massal, rangkaian kegiatan PJKN yang difokuskan di Kota Semarang pada besok Minggu diisi dengan dialog keselamatan, Safety Riding Polda Jateng, dan Marching Band PIP Semarang.

“Untuk Sabtu hari ini (11/9), rangkaian kegiatan PNKJ 2018 berupa lomba menggambar tingkat pelajar SD danSMP. Lomba yang diselenggarakan di Hotel Ibis, Simpang Lima, Semarang diikuti 101 peserta,” ujarnya.

Prasetyo berharap pengenalan budaya tertib lalu-lntas yang dilakukan mulai dini sejak anak duduk di sekolah dasar akan dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

“Kecelakaan di jalan raya ini biassa terjadi akibat dari pelanggaran lalu-lintas. Pelanggaran itu biasanya tidak memakai helm, naik motor berboncengan tiga atau empat, dan menyeberang secara sembarangan,” tandasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *