Pangdam Diponegoro Bangun Jembatan Sutabrata Desa Sawangan

SEMARANG (Asatu.id) – Keinginan warga Kadus 1 dan Kadus 2 Desa Sawangan, Kecamatan Ajibarang untuk memiliki jembatan segera terkabul. Pasalnya, Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto SSos MSi saat menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di desa tersebut, langsung meletakkan batu pertama pembangunan Jembatan Suta Brata yang berada diatas Kali Wadas.

Dilansir melalui rilis resmi, Pangdam mengatakan, pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional Nawacita yang ingin mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran. Lebih jauh, salah satu titik fokus dari pembangunan nasional ini berupaya untuk mewujudkan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara keseluruhan.

“Melalui pembangunan inilah, potensi yang ada di pedesaan harus dikembangkan dan kekurangan yang ada harus diatasi, guna mencapai pemerataan, pertumbuhan serta kemandirian desa secara berkelanjutan.” katanya.

Menurutnya, salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut adalah turut serta pada kegiatan TMMD ke-102 TA 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari mulai tanggal 10 Juli – 8 Agustus 2018.

“Selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat, TMMD yang dilaksanakan merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat, khususnya generasi milenial,” tambahnya

Kepala Desa Sawangan, Kecamatan Ajibarang, Karsim Ahmad Muchlasin, Rabu (8/8) mengatakan sangat bersyukur atas pembangunan jembatan yang merupakan kelanjutan kegiatan TMMD di desanya. Setelah TMMD dapat membangun jalan sepanjang 2 Km itu, warganya mendapat tambahan pembangunan jembatan yang menghubungkan antara Kadus 1 dan 2, yang saat ini masih menggunakan bambu akan dibangun permanen.

“Saat ini jembatan penghubung antar kadus itu masih menggunakan bambu dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda 2,” katanya.

Kades mengatakan jembatan ukuran 27 x 2 tersebut akan dibangun dengan dana sebesar Rp 250 juta merupakan bantuan dari Pangdam yang diusulkan melalu CSR Telkomsel.

Endah salah seorang warga Sawangan mengaku senang adanya TMMD didesanya. Dengan kegiatan TMMD semula rumahnya sedikit terisolir sekarang sudah terbuka akses jalan.

“Apalagi kalau jembatan sudah selesai pasti akan ramai,” katanya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *