Panen Padi Organik, Babinsa, PPL dan Petani Sukses Wujudkan Swasembada Pangan

SEMARANG (Asatu.id) – Upaya untuk mencapai swasembada pangan di Kota Semarang melalui upaya khusus (Upsus) pertanian yang dilakukan Babinsa bersama PPL Dinas Pertanian Kota Semarang mulai membuahkan hasil.

Dandim 0733 BS/Semarang yang diwakili Pasiter Kapten Inf Susanto dan Wali Kota Semarang yang diwakili Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Kadarusman melaksanakan panen padi organik sistem Demplot, milik Kelompok Tani Tirto Jati Makmur yang berlokasi di RT 01 RW 03 Dawung Kel. Kedung Pani Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Selasa (7/8).

Pasiter Kodim 0733 BS/Semarang Kapten Inf Susanto mengungkapkan, ini merupakan bentuk kerja sama dan sinergitas antara Babinsa, PPL dan petani dalam mewujudkan swasembada pangan di Kota Semarang.

“Hasilnya dapat kita lihat sekarang, panen padi organik sistem Demplot ini cukup bagus, padahal ini musim kemarau,” ujarnya.

Acara panen bersama diawali dengan upacara wiwitan dan do’a bersama. Wiwit dalam Bahasa Jawa berarti mulai, dan wiwitan berarti tanda dimulainya panen padi. Selesai upacara wiwitan dilanjutkan panen secara simbolis oleh Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang didampingi Pasiter, Kadis Pertanian Kota Semarang dan Ketua Kelompok Tani Tirto Jati Makmur.

Panen bersama juga dihadiri oleh para pejabat Dinas Pertanian Kota Semarang, Camat Mijen dan jajaranya serta para petani dari Kelompok Tani Tirto Jati Makmur. (is)

5

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan