Ribuan Umat Ikuti Kirab HUT Dewa Keadilan dan Kejujuran

SEMARANG (Asatu.id) – Ribuan umat dari Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Kwan Sing Bio di Jalan Tanggul Mas Raya 9 Semarang dan berbagai daerah di Tanah Air, kembali melakukan kirab dari Kelenteng Besar Tay Kak Sie di Jalan Gang Lombok menuju kelenteng di Tanah Mas, Minggu (5/8) siang.

Kirab hari ini merupakan kirab perjalanan pulang, setelah Sabtu (4/8) siang kemarin para umat melakukan arak-arakan dari Kelenteng Kwan Sing Bio di Jalan Tanggul Mas Raya 9 menuju Kelenteng Besar Tay Kak Sie di Jalan Gang Lombok.

Kirab diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Dewa Namo Cia Lan Phu Sa atau Dewa Keadilan dan Kejujuran.
“Ini merupakan kirab kali pertama yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan ke kelenteng yang lebih tua yakni Tay Kak Sie. Tahun-tahun sebelumnya, kirab hanya dilakukan di sekitar kelenteng di Tanah Mas,” ungkap Ketua Panitia Danu Wiwoho.

Suasana kirab atau arak-arakan Sabtu (4/8) siang kemarin berlangsung sangat meriah. Umat mengenakan pakaian khas Jawa seperti blangkon dan beskap. Kirab juga dimeriahkan dengan beberapa atraksi kesenian daerah.

Sementara rute kirab dimulai dari Jalan Kokrosono- Pandanaran- Gajahmada dan Kranggan kemudian masuk kawasan Pecinan dan berakhir di Kelenteng Tay Kak Sie di Jl Gang Lombok.

Sebagai bentuk penghormatan, di depan kelenteng tersebut, rombongan melakukan sujud. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *