Mulai Jumat Komunitas Dieng Pandawa Gelar Dieng Culture Festival

SEMARANG (Asatu.id) – Mulai Jumat (3/8) besok sampai Minggu (5/8), akan digelar Dieng Culture Festival (DCF) 2019 yang diselenggarakan oleh Komunitas Dieng Pandawa, sebuah kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Ida Bagus Ketut Alamsyah, mengatakan, tujuan penyelenggaraan DCF salah satunya untuk mengenalkan potensi wisata di dataran tinggi Dieng.

Tetapi di sisi lain, DCF juga diharapkan bisa menjadi tempat belajar serta mempertemukan pelaku kreatif dalam bidang wisata di seluruh Indonesia.

“Ini kesempatan mempertemukan pelaku ekonomi usaha kecil pedesaan di sekitar dataran tinggi Dieng dan mempromosikan produk UKM,” katanya, Kamis (2/8).

Alamsyah memaparkan, Dieng memiliki warisan kebudayaan yang tinggi. Peninggalan sejarah berupa ragam candi berikut artefak menjadi salah satu bukti pernah adanya pusat kebudayaan pada peradaban masa lalu.

“Dieng Culture Festival ini sudah masuk dalam 100 agenda tahunan yang ada di Indonesia. Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-9. Pada event sebelumnya selalu dihadiri ratusan ribu pengunjung,” tandasnya.

Puncak prosesi DCF akan diselenggarakan di Kompleks Candi Arjuna. Sedangkan seluruh kegiatan akan melibatkan masyarakat Dieng di kawasan Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, dan Batang.

Untuk para wisatawan yang akan menyaksikan pergelaran DCF dengan memesan tiket online, Alamsyah berpesan agar berhati-hati dengan promo dari biro wisata abal-abal yang biasanya memanfaatkan event ini.

“Lebih baik langsung menghubungi panitia melalui website resmi di www.diengpandawa.com atau www.dieng.id,” pesan Alamsyah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *