27,32 Persen Penyalahgunaan Narkoba Dilakukan Kalangan Pelajar

SEMARANG (Asatu.id) – Dari sekian banyak jenis narkoba, saat ini telah ditemukan lagi 66 jenis narkoba baru. Sementara sekitar 27,32 persen penyalahgunaan narkoba dilakukan kalangan pelajar.

Hal itu dikatakan Kasubsi Intelijen Kejaksaan Negeri Cabang Pelabuhan Tanjung Emas, Nala Arjhunto, saat memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba di SMK Pelayaran Wira Samudera, Jalan Kokrosono Nomor 70 Semarang, Rabu (1/8).

“Kalangan pekerja menempati persentase tertinggi penyalahgunaan narkoba, yakni 50,34 persen. Sedang kalangan pelajar 27,32 persen. Selebihnya atau 22,34 persen tidak bekerja,” kata Nala Arjhunto.

Terkait jumlah penyalahgunaan narkoba secara nasional, menurut Nala, saat ini mencapai 5 juta jiwa dari total 240 juta penduduk Indonesia.

“Sementara berdasarkan penelitian BNNP Jateng dan Universitas Indonesia (UI) 2015 lalu, angka penyalahgunaan narkoba di Jateng mencapai 500 ribu jiwa atau 1,96 persen dari total penduduk Jateng usia 11-60 tahun,” tandasnya.

Kepala Sekolah SMK Pelayaran Wira Samudera, Agus Joko menyatakan, pihaknya melakukan pengawasan sangat ketat agar siswanya tidak ada yang terjerumus dalam penyalahgunaan barang terlarang itu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *