Gurun : Remaja Harus Paham Tentang Bahaya Narkoba

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang, Gurun Risyadmoko mengatakan, pentingnya edukasi terhadap remaja terkai bahaya narkoba. Menurutnya selain merusak generasi bangsa, penggunaan narkoba juga dapat memicu naiknya penularan penyakit HIV/AIDS.

“Kita terus melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba bagi remaja yang notabenya calon pemimpin bangsa. Salah satunya ya seperti saat ini kegiatan sosialisasi yang melibatkan banyak pihak, seperti akademisi, relawan, dan komunitas atau LSM,” katanya, saat Penyuluhan Pencegahan dan Perlindungan BAhaya Destruktif bagi Generasi Muda, baru-bari ini.

Menurnt Gurun, pemakaian narkoba berasal dari dua faktor yakni internal dan eksternal. Faktor internal sendiri berasal dari keluarga (broken home), tekanan masalah yang berat, maupun merasa rendah diri.

“Dan faktor eksternal itu, bisa karena iseng mencoba-coba atau mungkin lingkungan pergaulan yang salah,” ungkapnya.

Olehkarenanya, perlu dilakukan sosialisasi yang masif untuk menghindari bahaya narkoba dan HIV/AIDS bagi kalangan remaja.

“Harapanya usai kegiatan ini, para remaja kita, remaja kota semarang bisa menjadi relawan untuk ikut serta menyampaikan ilmu yang diperoleh kepada masyarakat secara luas tentang bahaya narkoba,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator LSM Lentera ASA Ari Istiyadi mengatakan Narkoba dan HIV/AIDS menjadi momok yang cukup menakutkan dan menjadi persoalan serius di Kota Semarang.

“Kami selalu mengimbau agar orang menjauhi penyakitnya, bukan orangnya. Semua yang dipaparkan di kegiatan ini tidak lagi berasal dari ”katanya” tapi benar-benar berasal dari sumbernya langsung. Kami menghadirkan narasumber pasangan suami istri Orang dengan HIV/AIDS (Odha). Kedua narasumber berani terbuka ke masyarakat walaupun telah terinfeksi HIV/AIDS. Hal ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada masyarakat khususnya para remaja,” ungkapnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *