Satu Orang Lagi Penderita Difteri Dirawat RSUP Kariadi

SEMARANG (Asatu.id) – Salah satu dokter spesialis yang menangani pasien penderita difteri di RSUP Kariadi Kota Semarang, dr Hapsari SpA (K) menjelaskan saat ini pasien yang terjangkit penyakit difteri bertambah satu orang lagi.

Hal ini dikatakannya saat ditemui beberapa awak media di RSUP Kariadi Jalan Dr Sutomo No 16 Semarang, Senin (23/7).

“Saat ini di rumah sakit kami (RSUP Kariadi, red) ada tambahan satu pasien lagi yang positif difteri. Saat ini sedang dirawat di ruang isolasi nomor lima,” ujarnya.

Hapsari mengungkapkan keadaan pasien dengan inisial (A) 11 tahun tersebut saat ini mulai berangsur membaik dengan penanganan medis yang dilakukan oleh pihak rumah sakit.

“Pasien ini memang tinggal tidak jauh dari rumah pasien dari keluarga tujuh anak yang berada di Genuksari. Rumahnya kurang lebih 5 km jaraknya. Tepatnya di daerah Banget Ayu, Perum Korpri dan bersekolah di daerah Telogosari,” ungkapnya.

Hapsari menambahkan perkembangan saat ini untuk pasien dari keluarga tujuh anak yang masih dirawat ada empat anak di ruang isolasi nomor dua.

“Kondisi mereka juga sudah berangsur baik karena kuman difteri sudah tidak ditemukan lagi, jadi dalam kurun waktu dekat akan kami pindahkan dari ruang isolasi ke ruang perawatan biasa,” pungkasnya.

Untuk pencegahan penyakit difteri yang semakin marak ini, pihaknya memberikan imbauan warga untuk melakukan imunisasi atau vaksin sejak dini.

“Pencegahan bakteri ini hanya bisa dilakukan dengan cara imunisasi atau vaksin. Untuk itu harus dilakukan melalui sekolah-sekolah jangan sampai terlewatkan,” tandasnya

Karena menurutnya masih ada beberapa sekolah di Kota Semarang yang menolak menerima puskesmas untuk masuk memberikan imunisasi ke sekolah-sekolah tersebut. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *