Dinilai Bermasalah, 50 Koperasi Terancam Dibekukan

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Litani Satyawati menegaskan, pihaknya sedang melakukan verifikasi terhadap 50 koperasi yang ada di Kota Semarang yang dianggap bermasalah.

“Ada 50 koperasi yang kami anggap bermasalah dan saat ini sedang kami lakukan verifikasi. Jika memang nanti terbukti maka akan kami cabut izinnya,” kata Litani di sela acara Jalan Sehat Koperasi se Kota Semarang di Balaikota, Minggu (22/7).

Di Kota Semarang, menurut Litani, awalnya ada 1.027 unit koperasi. Namun dari pantauan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, saat ini yang masih aktif dan dinyatakan sehat hanya 707 unit.

“Koperasi-koperasi yang aktif sudah pasti  memberikan sumbangsih dalam pembangunan Kota Semarang. Secara globa ada puluhan ribu anggota yang tergabung. Itu sebabnya keberadaan koperasi di Kota Semarang harus jelas dan dapat memberikan manfaat kepada anggotanya,” tuturnya.

Litani menegaskan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi keberadaan dan kegiatan
operasional koperasi yang ada di Kota Semarang.

Di sisi lain Litani minta pengurus koperasi untuk tidak menyalahgunakan keuangan anggota sehingga jika dievaluasi dan diverifikasi tetap dinyatakan sehat dan tidak terancam dibekukan. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *