Ganjar Pranowo Apresiasi Peran Koperasi

SEMARANG (Asatu.id) –  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, peran koperasi sangat penting. Salah satunya adalah menumbuhkan jiwa entrepreneurship dan kewirausahaan, agar bisa mandiri dan mampu menciptakan lapangan kerja.

Gubernur menyampaikan hal itu di sela-sela jalan sehat Gerakan Koperasi se-Kota Semarang yang berlangsung Minggu (22/7) pagi. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Koperasi ke-71 sekaligus HUT ke-73 Kemerdekaan RI.

Menurut Ganjar, koperasi memiliki peran penting dalam penyediaan lapangan kerja. Sebab, koperasi dapat memicu munculnya wirausaha muda, khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Dalam hal penyediaan lapangan kerja, koperasi mempunyai peran sangat penting. Terlebih setiap muncul satu UMKM, maka rata-rata ada dua atau tiga tenaga kerja baru yang terserap. Apalagi Jateng kini sudah masuk bonus demografi sehingga kebutuhan tenaga kerja pun meningkat tajam,” katanya.

Ganjar memaparkan tentang slogan koperasi, yakni dari, oleh, dan untuk anggota yang menurutnya sangat tepat dan tidak salah. Sebab ikatan perasaan, emosional, saling membantu, berpartisipasi bisa ditunjukkan secara fisik, semua berkontribusi untuk memberi hadiah.

“Sebagai bukti, perayaan Hari Koperasi di mana-mana berlangsung ramai, apalagi di Kota Semarang hadiahnya pol-polan. Dan saya terus memantau perkembangan koperasi juga UMKM di Jateng,” ujar Ganjar di hadapan ratusan peserta jalan sehat.

Jalan sehat didahului dengan apel yang dipimpin Sekda Pemkot Semarang. Ikut dalam kegiatan tersebut para pejabat lingkungan Pemkot Semarang serta Pemprov Jateng. (is)

16

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan