Dapil I Jateng Dikepung Artis, Juliari Tak Khawatir Tersaingi

Juliari P Batubara Anggota Komisi VI DPR RI (Asatu.id/Doc)

SEMARANG (Asatu.id) – Banyaknya dari kalangan artis ibukota yang banting setir maju menjadi calon legislatif pada Pemilu 2019 mendatang, mendapat tanggapan dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Juliari P Batubara.

Menurutnya, merupakan hal yang wajar jika partai politik merekrut artis untuk maju dalam pencalonan anggota legislatif.

“Partai membutuhkan popularitas, apalagi dengan sistem pemilihan umum anggota legislatif terbuka seperti ini, apa saja semua bisa dilakukan termasuk merekrut para artis,” kata Juliari P Batubara, saat kunjungan kerja dan penyerapan aspirasi di Kecamatan Gunungpati Semarang selaku anggota DPR RI, Sabtu (21/7).

Politisi PDIP yang saat ini mencalonkan kembali di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 Dapil I Jateng itu mengungkapkan, tidak terlalu menghawatirkan akan tersaingi popularitas artis yang juga maju di Pemilihan Umum 2019.

“Biasa saja, tidak merasa tersaingi dan semua orang memiliki hak politiknya untuk maju atau tidak,” katanya.

Namun demikian menurutnya, bagi calon anggota legislatif (caleg) yang bukan dari kalangan artis, memiliki kelemahan di sisi popularitas sehingga harus rutin turun menyapa masyarakat di daerah pemilihannya.

“Harus rutin turun ke masyarakat. Kalau artis kan sering tampil di tv dan sebagian sudah dikenal sementara kalau saya yang bukan artis harus turun, kalau tidak turun ya tidak dikenal,” ungkapnya.

Selain itu, kata legislator dari Komisi VI DPR RI itu, sah-sah saja jika partai merekrut artis sebagai calegnya yang menandakan parpol memilih untuk mengambil jalur yang cepat atau tidak melalui kaderisasi.

“Tidak ada masalah, akan tetapi harusnya minimal baik dari kalangan artis, atau atlet/olahragawan sudah menjalani gemblengan serta sudah memahami perjuangan ideologi partainya. Jadi tidak tiba-tiba langsung terjun, langsung transfer kaya pemain bola saja,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah parpol pada Pemilu 2019 mencalonkan kalangan artis, seperti Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Golkar, hingga Partai Berkarya.

Dapil I Jateng meliputi Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal dan Kota Salatiga. Menjadi pertarungan para caleg artis, seperti Jamal Mirdad dan Yayuk Basuki yang kembali mencalonkan diri, caleg artis pendatang lain seperti Adly Fairuz, Bertrand Antolin, Anisa Bahar, Cut Meyriska, serta mantan petinju juara dunia kelas bulu Chris John juga ramai memanaskan dapil di Jateng.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *