DP2K Semarang Dukung Rencana Pemkot Bangun Jalur Khusus BRT

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua Harian DP2K Semarang, Sudharto P Hadi menilai, pembangunan Bus Rapit Transit (BRT) Trans Semarang saat ini sudah bagus hanya saja belum terintegrasi dengan transportasi umum lainnya.

Namun, sebuah angkutan umum bisa dikatakan bagus kalau memenuhi 3 hal. Yaitu affordable (terjangkau) comfortable (nyaman) yang ketiga adalah reliable (bisa dipercaya waktunya).

“Trans Semarang saat ini belum terintegrasi. Dari segi keterjangkauannya saja mungkin sudah bagus, soal nyaman sudah ber AC. Tapi soal ketepatan waktu, BRT belum memenuhi,” ujarnya.

Belum tepatnya waktu tempuh BRT Trans Semarang itu, menurutnya, sehingga membuat warga Kota Semarang belum tertarik untuk pindah dari transportasi pribadi ke transportasi umum.

Kondisi tersebut harus diupgrade terlebih menjadi transportasi yang terintegrasi seperti Busway di Jakarta.

“Jadi nanti ada dedicated line atau jalur khusus yang memungkinkan Trans Semarang itu memiliki jalan khusus sehingga bisa efisien atau reliable sehingga orang tertarik menggunakannya,” paparnya.

Sudharto mengungkapkan, untuk pembangunan jalur khusus nantinya bisa dicoba satu koridor dulu yaitu koridor 1 antara Mangkang dengan Pedurungan. Jika sukses maka bisa disusul dengan koridor lainnya.

Kalau melihat kondisi jalan Mangkang sampai Pedurungan yang padat, apakah jalur khusus itu memungkinkan dibangun? Sudharto mengatakan, melihat luasan jalan sebenarnya cukup bagus dan memungkinkan dibanding jalan di Jakarta.

“Di Jakarta bahkan tidak semua jalannya selebar di Semarang. Misal Thamrin, Gatot Subroto dan lainnya. Jadi kalau melihat itu, di Semarang memungkinkan untuk dibangun jalur khusus,” tandasnya.

Lebih lanjut, katanya, jalur khusus itu nantinya ada di sepanjang jalan koridor 1 Trans Semarang, tidak hanya di shelternya saja. Hal itu karena tujuannya adalah supaya kecepatan BRT reliable atau tepat waktu sehingga menarik orang menggunakannya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *