Kembangkan Potensi Wisata, Pemkot Semarang Gandeng Tiongkok

SEMARANG (Asatu.id) – Kembangkan potensi wisata, Walikota Semarang menggandeng Pemerintah Kota Nanjing, Tiongkok.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, Kota Nanjing menjadi salah satu percontohan kota yang sukses dalam mengelola pariwisatanya. Hal itu mengingat, Kota Nanjing merupakan kota terpenting kedua di Tiongkok setelah Shanghai. Selain itu Nanjin sering disebut sebagai Ibu Kota Tiongkok dalam hal kesenian, kebudayaan, dan pariwisata.

“Nanjing tentu menjadi sebuah tolok ukur yang tinggi bagi pengelolaan dan pengembangan pariwisata di Kota Semarang, dan saya rasa bila nanti ada kerja sama yang bisa disepakati, Semarang akan sangat terbantu,” kata Hendrar Prihadi seusai menerima delegasi yang berlangsung di ruang rapat Kantor Wali Kota Semarang di Jalan Pemuda Kota Semarang, Kamis (19/7).

Delegasi Pemerintah Kota Nanjing dipimpin oleh Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Kota Nanjing, Guo Lajun.

Hendi sapaan akrab walikota mengatakan Kota Semarang memiliki jejak peninggalan dari Tiongkok, yakni Panglima Cheng Ho yang pernah berlabuh di Kota Semarang.

“Mereka melihat banyak destinasi di Kota Semarang yang bisa dikembangkan, kami sejalan terkait ini,” imbuhnya.

Sementara Perwakilan delegasi Pemerintah Kota Nanjing, Tiongkok, Guo Lajun mengatakan ketertarikan untuk dapat menjalin kerja sama dengan Kota Semarang didasari adanya benang merah antara Semarang dan Nanjing.

“Nanjing menjadi awal sejarah Cheng Ho. Di Nanjing banyak sekali jejak Cheng Ho yang dapat dikunjungi, dan ada juga lembaga penelitian Cheng Ho,” ungkapnya.

Dengan adanya jejak Cheng Ho sebagai benang merah antara Kota Semarang dan Kota Nanjing itulah yang kemudian menarik Pemerintah Kota Nanjing, Tiongkok untuk membangun kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *