Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Buat Wayang untuk MPLS

Semarang (Asatu.id) – Pagi tadi, Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 beramai-ramai membuat wayang. Wayang dibuat dengan alat dan template yang sudah disediakan panitia yakni dengan karton yang kemudian peserta didik baru mengecatnya dengan peralatan pribadi.

Sebanyak dua belas karakter dibuat dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) itu dengan pembagian satu kelompok satu karakter.

Menurut Rida, Panitia MPLS,  Karakter-karakter tersebut diambil dari tokoh punakawan seperti semar, gareng, petruk, bagong; dan tokoh keluarga pandawa seperti Yudistira, Bima dan arjuna. Ia mengungkapkan, karakter-karakter itu dibuat sebagai wujud interpretasi rasa kekeluargaan yang ada di SMA Negeri 3.

“Tokoh punakawan ini dibuat untuk menginterpretasikan keluarga pandawa. Pandawa terlihat rasa kekeluargaannya, seperti ibu dan anak. Di sini kita menerapkan kepada adik-adik bahwa tidak ada senioritas dalam sekolah ini,” kata Rida Selasa (17/7).

Rida menjelaskan, tokoh wayang yang dibuat itu akan ditampilkan oleh salah satu siswa besok. “Sebenarnya ada dua pilihan yang akan menampilkan wayang ini besok, pertama adalah siswa yang sudah menjadi dhalang atau siswa baru,” tuturnya.

21

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan