Pemerintah Jangan Malu Belajar dari Sekolah Swasta

SEMARANG (Asatu.id) – Pengamat pendidikan Tukiman Taruna mengatakan, Pemerintah perlu belajar pada sekolah swasta terkait dengan mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Menurutnya dalam penentuan kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sekolah swasta tengah melakukan mekanisme yang cukup baik salah satunya yakni terkait penjadwalan yang dilakukan jauh-jauh hari.

“Pemerintah tak usah terlalu gengsi untuk belajar dari sekolah swasta yang mulai membuka pendaftaran peserta didik sejak jauh-jauh hari. Karena kebijakan pembukaan pendaftaran peserta didik dilakukan dengan waktu yang terbatas sehigga terjadi penumpukan dan menimbulkan berbagai masalah,” ujar Tukiman Taruna, Senin (16/7).

Ia menambahkan, tidak akan jadi persoalaan jika sekolah negeri melakukan pendaftaran peserta didik baru sejak jauh-jauh hari.

“Yang menjadi masalah itu kan pemerintah membuka waktu pendaftaran cukup singkat, sehingga menumpuk. Sementara, prosedur yang harus dilakukan cukup panjang. Melihat di sekolah swasta kan sejauh ini tidak pernah menimbulkan masalah saat penerimaan peserta didik ada baiknya belajar dari sekolah swasta,” tambahnya.

Di sisi lain terkait dengan kebijakan zonasi, menurutnya perlu adanya pemeratan fasiltas pada semua sekolah jika ingin menyukseskan sistem zonasi wilayah.

“Pemerintah perlu melakukan pemerataan fasilitas di semua sekolah baik yang favorit maupun pinggiran. Selama ini kan masyarakat menuntut anaknya untuk sekolah di sekolahan yang favorit karena karena fasilitasnya yang memadai,” pungkasnya. (bud)

20

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan