MPLS SMA Negeri 3 Kota Semarang Usung Tema Nasionalis

Semarang (Asatu.id) – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi beberapa sekolah menjadi momen yang sangat berharga. Hal itu membuat beberapa sekolah berinovasi untuk menampilkan hal-hal baru, salah satunya adalah di SMA Negeri 3 Semarang, yang setiap tahunnya selalu menampilkan karya.

Berbeda dengan tahun lalu yang membuat batik, kali ini dengan mengusung tema “nasionalis”, SMA N 3 Semarang menampilkan budaya Indonesia.

“MPLS kali ini menampilkan dua budaya Indonesia, yaitu Tari Saman untuk hari ini, dan membuat wayang untuk besok,” kata Rida Syafa, panitia MPLS, Senin (16/7).

Rida menjelaskan, Tari Saman yang ditampilkan hari merupakan perwakilan kelompok dari total siswa baru. “Tari Saman ini dibawakan oleh 108 peserta didik baru. Itu merupakan perwakilan kelompok dari total sebanyak 384 siswa baru,” ungkap Rida.

Lebih lanjut Rida menjelaskan, MPLS dengan tema nasionalis itu digalakkan untuk melatih kedisiplinan, kreativitas serta menambah rasa cinta para peserta didik terhadap budaya Indonesia.

“Tujuan MPLS di sini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa baru, mengasah kemampuan siswa-siswi baru, serta menambah rasa cinta terhadap budaya Indonesia,” jelas Rida.

Rida melanjutkan, MPLS SMA N 3 sudah beberapa tahun ini tidak mengarahkan untuk membawa barang-barang yang dianggap memberatkan siswa.

“MPLS sekarang tidak ada membuat barang aneh-aneh seperti topi, cocard, dan lain-lain yang susah. Di sini kita beri arahan untuk membawa yang sewajarnya saja,” ujarnya. (bud)

180

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan