Ingin Memulai Bisnis? Hindari ATM

SEMARANG (Asatu.id) – Dr Tirta Mandira Hudhi, Founder Shoes and Care (Sac) tegaskan, hanya orang bermental kuat yang dapat menjalankan bisnisnya.

Hal itu diungkapkan saat acara Creat Talk USM, yang dihadiri oleh puluhan mahasiswa Universitas Semarang (USM), kemarin.

“Hukum di Indonesia begini, ada foto kopian, warung soto bahkan warung gudeg, banyak orang bikin usaha itu. Bahkan juga es kepal milo, tiap sepuluh meter di Jogja pasti ada es kepal. Mereka hanya tahu yang laris apa lalu buka. Itu salah,” Tegasnya.

Menurutnya, seorang pebisnis harus memiliki pemikiran luas, bukan hanya meniru bisnis yang saat ini tengah booming. Ia mengungkapkan, fenomena meniru bisnis bisa diistilahkan sebagai fenomena ATM yaitu  Amati Tiru Mentok.

“Jangan meniru, Jika bisnis hanya bermodalkan meniru, mentok-mentoknya redup itulah yang dinamakan fenomena ATM.  Jadi, perlu ada ide lain yang lebih besar, fenomena ATM saat ini sudah melekat menjadi fenomena bisnis Indonesia, padahal masih banyak peluang bisnis yang lebih besar diluar sana,” ugkapnya.

Hal itu lanjut Tirta, menjadi  tantangan besar bagi pelaku bisnis karena jika tidak memiliki kreativitas tinggi, sudah dipastikan bisnis akan redup.

Ia juga mengungkapkan, polarisasi bisnis yang terjadi itu karena mental masyarakat rata-rata belum terlatih untuk kreativitas dan treat sehingga bisnis yang muncul banyak yang itu-itu saja.

“Kalau ingin punya ide harus sering ngulik. Namanya bisnis tidak bisa hanya stay pada satu lini, saya punya ilmu dalam kedokteran itu hanya kebetulan saja. Kebetulan waktu itu saya lirik peluang cuci sepatu karena belum ada,” ujarnya.

Dokter Tirta menjelaskan, hancurnya pelopor hanya di ATM. Masyarakat rata-rata fokus melakukan company branding daripada personal branding.

“Ada 2 tipe agar bisnis dikenal, yaitu personal branding dan company branding. Salahnya, orang-orang hanya fokus melakukan company branding dan controlling dasarnya sebagai the best, the best, the best. Tapi mereka lupa kalau customer juga harus kenal sosok yang punya kesiapan,” tandasnya. (bud)

27

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *