Nyalon DPR RI, Rukma Ingin Jadi Penerang Masyarakat

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi menyambut baik langkah Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang menggelorakan gerakan menanam pohon damar di lingkungan kampus. Selain untuk konvervasi terhadap tanaman langka, penamanan pohon Damar ini juga sebagai sarana melestarikan lingkungan alam.

“Saya mengapresiasi langkah Unnes yang terus berkiprah pada upaya konservasi lingkungan. Penanaman pohon damar di lingkungan kampus  ini merupakan salah satu upaya melestarikan lingkungan, termasuk menjaga pohon-pohon langka untuk tidak punah,” kata Rukma saat menghadiri penanaman pohon damar di lingkungan kampus “konservasi”, di Sekaran, Gunungpati, Semarang, Jumat (13/7).

Pohon damar atau yang memiliki bahasa latin agathis damara memiliki pesan filosofi yang mendalam. Damar dalam bahasa Jawa berarti cahaya, diharapkan nanti bisa menjadi penerang.

Pada kesempatan itu, Rukma meminta restu segenap akademi Unnes agar bisa terus berkiprah dalam politik tanah air. “Usai mengabdi untuk Jawa Tengah, pada Pemilu 2019 nanti, saya telah diminta DPP PDI Perjuangan untuk maju ke Senayan sebagai anggota DPR RI,” katanya.

Politisi senior PDIP ini juga menyampaikan terima kasih pada Unnes yang telah memberi kepercayaan kepadanya untuk menanam pohon damar. “Semoga pesan untuk menjadi penerang tetap saya pegang,” ucapnya.

Sementara Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Fathur Rahman mengatakan pihaknya sengaja memilih pohon langka untuk ditanam bersama Ketua DPRD Jateng itu lantaran  dalam pohon damar mengandung lilin yang menjadi bahan penerang cahaya yang tidak pernah padam.

Dia menilai kampus dan DPRD sebenarnya memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat, yakni sebagai pelita atau cahaya yang dapat menerangi kehidupan.

“Saya berharap peran legislatif bisa menjadi penerang bagi masyarakat, tidak justru menjadi tempat gontok-gontokan,” pesannya.

21

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan