Minggu Lusa, NU Gelar Halal bi Halal ’Ngumpulke Balung Pisah’

SEMARANG (Asatu.id) – Halal bi halal “Ngumpulke Balung Pisah” Nahdlatul Ulama kembali akan digelar, Minggu (15/7) lusa. Kegiatan ini merupakan yang ke-10 dan akan digelar di Kampus III Fakultas Kedokteran Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas), Pongangan, Nongkosawit, Gunungpati.

Sesepuh Balung Pisah KH Ahmad Darodji dan Ali Mufiz menjelaskan, acara akan dimulai pukul 08.00 WIB dan dijadwalkan selesai pukul 12.00 WIB.

”Acara dimulai dengan dzibaan ikhtisar, kemudian Lagu Indonesia Raya dan Hubbul Wathan dan sambutan gubernur. Yang sudah-sudah halal bi halal Ngumpulke Balung Pisah NU dihadiri ribuan nahdliyyin dari berbagai kalangan,” kata Ali Mufiz.

Di samping itu, lanjut Ali Mufiz, yang hadir ada juga pengurus struktural NU, ada kiai-kiai kultural yang tidak duduk di struktur, pejabat yang ada di pemerintahan, TNI, Polri, pengusaha, politisi, praktisi, akademisi dan lain-lain.

KH Ahmad Darodji menambahkan, halal bihalal Balung Pisah, pertama kali diselenggarakan almaghfurlah KH Ahmad Abdulchamid Kendal. Pada saat itu Mbah Wildan menjabat Rais Syuriyah PWNU sekaligus Ketua Umum MUI Jateng.

”Melihat potensi warga NU yang tercerai berai di berbagai sektor, maka punya gagasan untuk mengumpulkan dalam sebuah acara Ngumpulke Balung Pisah,” kata Darodji.

Kali ini momentumnya sangat tepat, pasca pilgub Jateng dan pasca Konferwil NU Jateng. ”Mungkin kemarin ada situasi dan dinamika yang semangat, acara ini ikhtiar untuk mendinginkan,” tambahnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *