Festival Komed Ajarkan Mahasiswa USM Peduli Sosial

SEMARANG (Asatu.id) – Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Festival Komed (Komuniksi dan Edukasi), Kamis (12/7). Festival yang mengusung tema “Suarakan Prestasimu” ini dilengkapi dengan berbagai kegiatan seperti lomba fotografi, talk show dan coaching clinic stand up comedy.

Dosen Ilmu Komunikasi Edi Nur Wahyu Juliyanto mengatakan, festival tersebut merupakan proyek akhir dari gabungan mata kuliah Komunikasi Pemasaran dan Manajemen Acara.

“Dalam mata kuliah ini, proyek akhir tidak dalam bentuk teori, namun berupa event, yang mana Manajemen acara jadi EO dan Komuniksi Pemasaran sebagai pelaksana bazar,” katanya.

Edi mengungkapkan, sebelumnya masing-masing kelompok mahasiswa diberi target pendapatan yang sama, yakni Rp 1.500.000 dengan jumlah total kelompok 16. Menurutnya, target tersebut dimaksudkan untuk melatih mahasiswanya agar dapat berwirausaha serta mengadakan event dengan mengandalkan kemampuan sendiri.

“Sebenarnya tiga bulan sebelumnya sudah kami targetkan untuk acara ini. Setiap stand kami target sebesar Rp 1.500.000, sehingga nantinya akan terkumpul Rp 24.000.000,” paparnya.

Edi menjelaskan, jumlah tersebut digunakan untuk serangkain acara festival itu. “Jumlah tersebut kami gunakan untuk serangkain acara ini, hingga acara talk show. Sisanya kami sumbangkan untuk panti asuhan,” jelas Edi.

Edi berharap dengan dilakukannya kegiatan tersebut tidak hanya mengajarkan mahasiswanya tentang softskill, tetapi juga menerapkan karakter pada mahasiswa agar memiliki kepedulian sosial. (bud)

56

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *