Pabrik Pengolahan Limbah di Klaten, Biogas yang Dihasilkan Bisa untuk 600 KK

SEMARANG (Asatu.id) – Pembangunan proyek pembangunan pabrik pengolahan limbah di Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, kini baru mencapai 50 persen.

Proyek bantuan Pemerintah Denmark ini diharapkan bisa diselesaikan secepatnya, sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan biogas hasil pengolahan limbah masyarakat.

“Progresnya sudah mencapai 50 persen. Jika pabrik ini sudah beroperasi, nantinya bisa mengolah limbah dari industri kecil yang ada di desa, yakni pabrik pembuatan bihun, yang selama ini telah mencemari sungai,” kata Pelaksana Proyek Pabrik Pengolah Limbah Desa Daleman, Ibnu saat menerima kunjungan kerja Komisi D DPRD Jateng, Rabu (11/7).

Menurut Ibnu, dari pengolahan pabrik ini akan  dihasilkan produk berupa cair dan padat. Untuk produk cair, menghasilkan biogas yang bisa dimanfaatkan sekitar 600 kepala keluarga di desa. Sedangkan produk limbah padat, dapat digunakan sebagai pupuk tanaman warga.

Dia menambahkan apabila beroperasi sudah beroperasi, pengelolaannya akan diserahkan ke pemerintah daerah melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sebelumnya, tenaga kerja yang akan diserahi untuk mengelola akan diberi pelatihan dan pendampingan terlebih dahulu oleh instansi terkait.

“Kami berharap pabrik pengolahan limbah itu bisa menjadi proyek percontohan di sejumlah wilayah di Provinsi Jateng,” papar Ibnu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *