DPRD Kota Semarang Imbau Penerbitan SKTM Harus Sesuai Prosedur

SEMARANG (Asatu.id) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang meminta penerbitan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) agar sesuai prosedur yang ada. Permintaan itu dilontarkan terkait  kekisruhan yang terjadi akibat penyalahgunaan SKTM untuk mendaftar sekolah terutama sekolah negeri baik di jenjang SD, SMP maupun SMA/SMK.

Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang Dyah Ratna Harimurti mengatakan, tidak ada SKTM palsu. Kenyataan yang terjadi di lapangan, yakni penyalahgunaan SKTM yang diterbitkan untuk dijadikan salah satu persyaratan mendaftar di sekolah negeri. Sementara dalam proses penerbitan SKTM tersebut memiliki beberapa kesalahan prosedur.

“Ada beberapa prosedur yang dilewati. Harusnya untuk sampai mendapatkan SKTM, harus ada formulir yang diisi, ada survei atau kunjungan ke rumah yang bersangkutan, namun prosedur itu  dilewati sehingga muncul banyak permasalahan seperti ini. Karena ada prosedur yang dilewati itu,” katanya.

Untuk itu, Politisi PDIP Perjuangan itu mengimbau masyarakat, terutama pihak-pihak yang memiliki kewenangan dalam menerbitkan SKTM, harus mengikuti prosedur-prosedur yang ada. Dengan mengacu pada peraturan, SKTM yang diterbitkan dan digunakan masyarakat untuk mencari sekolah negeri benar sesuai sasaran dan tidak disalahgunakan.

“Saya heran, karena tahun sebelumnya,  lurah dan camat sudah di-brefing tidak berani untuk tidak mengeluarkan SKTM,  khususnya untuk pendidikan. Tapi kok tahun ini menjadi persoalan lagi,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap tahun depan tidak terjadi permasalahan yang serupa, di mana SKTM seharusnya diperuntukkan untuk masyarakat yang benar-benar tidak mampu, dan tidak dijadikan alat oleh pihak-pihak tertentu, terutama dalam dunia pendidikan.

“Harapan kami siswa miskin dapat diterima di sekolah negeri supaya dapat tetap melanjutkan sekolah. Karena kalo siswa mampu tidak masuk di sekolah negeri masih bisa melanjutkan ke sekolah swasta,” imbuhnya. (bud)

32

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan