DPRD dan Dinas Kesehatan Kota Semarang Sosialisasi Pencegahan Virus HIV

SEMARANG (Asatu.id) – Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang,  Sugi Hartono, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menekan laju perkembangan Tuberkulosis (TB), Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kota Semarang.

“Caranya dengan melakukan pola hidup sehat, setia pada pasangan, mendekatkan diri pada Tuhan. Itu merupakan cara yg paling efektif untuk menekan virus tersebut,” katanya saat tampil sebagai salah satu narasumber pada acara Sosialisasi TB HIV bagi Masyarakat di Kelurahan Kota Semarang di Balai Kelurahan Tinjomoyo, Sabtu (7/7).

Kegiatan sosialisasi sebagai upaya promotif dan preventif tersebut merupakan kolaborasi antara Dinas Kesehatan Kota dan Komisi D DPRD Kota Semarang.

Di sela-sela kegiatan itu juga dilakukan VCT (Voluntary Counselling and Testing) untuk upaya pendeteksian dan pencegahan dini terhadap virus HIV. Ada juga testimoni dari ODHA atau orang yang sudah terkena virus HIV.

Sugi Hartono berharap tidak ada stigma negatif terhadap ODHA. Sebaliknya masyarakat diminta memberikan semangat dan tidak menjauhi.

“Jangan dijauhi karena para ODHA juga ingin hidup layak. Jangan khawatir ketularan virus HIV. Penularan HIV tidak semudah yang orang-orang bayangkan,” tutur politisi Partai Demokrat itu.

“Kalau cuma sentuhan, salaman, ciuman dan penggunaan toilet bersama tidak akan tertular, karena yang bisa menularkan apabila ketemu antarsperma, penggunaan jarum suntik bekas, dan transfusi darah dari orang yang terkena virus,” tambahnya. (bud)

26

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan