Hari Ini Konferwil NU Jateng, Muncul Lima Nama Kiai Calon Rais Syuriyah

SEMARANG (Asatu.id) – Menjelang dimulainya Konferensi Wilayah (Konferwil) Nahdlatul Ulama Jateng, Sabtu (7/7) hari ini, sedikitnya muncul lima nama kiai yang berpeluang menjadi Rais Syuriyah.

Konferwil yang mengusung tema “Meneguhkan Kemandirian NU Jawa Tengah, Menyongsong Se-Abad NU” itu akan digelar di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Ngroto, Gubug Grobogan.

Lima kiai yang disebut-sebut punya peluang itu adalah KH Ubedulloh Shodaqoh SH (Rais Syuriyah PWNU sekarang), KH Aniq Muhammadun (Rais Syuriyah PCNU Pati), KH Munif Mohammad Zuhri (Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jateng), KH Hanief Ismail Lc (Rais Suriyah PCNU Kota Semarang) dan KH M Hanif Muslih Lc (pengasuh Pondok Pesantren Futuhiyyah, Suburan, Mranggen, Demak).

Menurut Ketua PW Lembaga Pendidikan Maarif Jateng H Agus Sofwan Hadi, pemilihan Rais Syuriyah dilakukan melalui mekanisme Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa).

”Para pengurus cabang se-Jateng akan diberi kesempatan mengajukan tujuh nama untuk menjadi anggota Ahwa berdasarkan ranking suara terbanyak,” katanya.

Menurut pengamatan, beberapa Rais Syuriyah PCNU masih menghendaki KH Ubedulloh Shodaqoh SH (Gus Ubed) untuk menjadi rais. Sedang cabang yang lain menghendaki KH Munif Mohammad Zuhri (Gus Munif) Girikusumo untuk menjadi rais.

Bahkan Gus Munif secara khusus sudah bersilaturrahmi dengan sejumlah PCNU di sebuah hotel di Semarang. Dalam pertemuan yang tertutup untuk media tersebut, hadir Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan sejumlah PWNU Jateng. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *