Raperda Retribusi, Wagub Apresiasi Fraksi-fraksi

SEMARANG (Asatu.id) – Wagub Heru Sudjatmoko mengapresiasi dukungan fraksi dalam rapat paripurna di DPRD Jateng, Kamis (5/7).

Dalam agenda tanggapan gubernur mengenai Raperda Retribusi dan Raperda Rencana Umum Energi Daerah itu, fraksi-fraksi berpendapat retribusi daerah, selain untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), juga harus diimbangi peningkatkan pelayanan masyarakat.

“Energi memiliki peran penting dan strategis bagi peningkatan kegiatan ekonomi dan ketahanan daerah sehingga pengelolaan energi itu perlu dilakukan secara berkeadilan, berkelanjutan, rasional, optimal, dan terpadu,” ujar Heru Sudjatmoko.

Dukungan tersebut ditegaskannya atas tanggapan Badan Anggaran (Banggar) DPRD, Joko Haryanto, terhadap persetujuan Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2017.

Menurut Anggota Banggar itu, sejumlah hal perlu dilaksanakan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, pertumbuhan ekonomi, dan percepatan penanggulangan kemiskinan.

Joko Haryanto mengimbau untuk besaran investasi daerah diarahkan ke perekonomian riil, sektor pariwisata untuk dilakukan terobosan-terobosan, dan anggaran penanganan kemiskinan perlu ditingkatkan.

Menanggapi hal itu, Heru Sudjatmoko berterimakasih kepada DPRD atas persetujuan raperda menjadi perda. Ia juga berharap hubungan kerjasama antara eksekutif, legislatif, dan stakeholder dapat terus berjalan harmonis agar Pemprov Jateng mampu menghasilkan kinerja optimal

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *