Kalong Adakan Kopdar untuk Terbang Bareng

SEMARANG (Asatu.id) – Komunitas Aerial Drone and Racing (Kalong) merupakan komunitas yang dibentuk oleh sekelompok pehobi drone yang kerap melakukan pertemuan untuk kegiatan terbang bareng, berbagi informasi pengetahuan dan pengalaman.

Awalnya, perangkat drone hanya digunakan oleh pihak militer dan pemerintah untuk kepentingan intelijen atau pengawasan dari udara.  Tapi sekarang ini, pengguna drone telah meluas di kalangan masyarakat sipil untuk berbagai keperluan yang lebih praktis.

Lantaran pecinta drone ini cukup banyak, hingga kini kian lama kian tersebar di beberapa kota di Indonesia.  Seperti halnya di Kota Semarang, pehobi drone ini lambat laun mulai terdengar gaungnya.

11 Maret 2018 Kalong chapter Semarang terbentuk, hingga kini sudah beranggotakan kurang lebih 40 orang. Ada dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga pekerja yang sebagian besar berkecimpung atau memiliki hobi yang sama yaitu dunia fotografi dan videografi.

Ketua Kalong chapter Semarang Sandy Aprilius mengungkapkan, secara umum pengertian drone sendiri adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remote controller. Fungsi drone juga sangat banyak antara lain untuk kebutuhan fotografi, videografi dan sekarang mulai merambah ke mapping atau pemetaan.

“Ada beragam jenis dan ukuran drone yang biasa digunakan. Macam-macam drone tersebut juga memiliki desain yang berbeda. Spesifikasinya pun bermacam-macam. Namun ada dua jenis drone yang menjadi fokus dari Kalong sendiri yaitu tipe aerial dan tipe racing,” jelasnya saat ditemui Asatu.id, di Taman Lampion Kota Lama Semarang, Rabu (4/7).

Sandy mengaku banyak manfaat yang dapat ia ambil saat tergabung dalam komunitas ini, tidak hanya sebagai hobi tetapi juga dapat menghasilkan uang dari drone itu sendiri.

“Awalnya saya senang bisa nerbangin drone, dulu pertama kali pakai drone yang murah kemudian mulai belajar-belajar terus naik tingkat ke drone yang lumayan mahal sekitar 20 jutaan. Sekarang malah banyak yang nyewa jasanya untuk keperluan perusahaan,” ungkapnya.

Kalong mengadakan pertemuan rutin setiap minggunya atau biasa disebut kopdar (kopi darat) bersama para anggotanya. Dalam waktu dekat sekitar bulan Agustus akan mengadakan drone camp di camp mawar, pendakian Gunung Ungaran.

“Bagi pemula ataupun yang sudah berpengalaman yang tertarik bergabung, ingin belajar bareng dan sharing bareng bisa langsung kontak kami di facebook Kalong Semarang dan instagram @kalong_semarang,” pungkasnya. (bud)

86

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *