Final, Panjang Tol Semarang-Yogyakarta 73,194 Kilometer

SEMARANG (Asatu.id) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera menetapkan lokasi trase tol Semarang (Bawen) -Yogyakarta. Penetapan lokasi trase merupakan tahapan terakhir sebelum penentuan jalur.

Jika tahapan itu selesai, maka proses pembangunannya bisa segera dimulai. Tol Semarang-Yogyakarta tersebut nantinya akan melintasi empat wilayah, yakni Kabupaten Semarang, Kota dan Kabupaten Magelang, serta Kabupaten Sleman, dengan panjang 73,194 km.

Plt Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya (PUBMCK) Pemprov Jawa Tengah, Hanung Triyono membenarkan jika keputusan pembangunan jalur tol itu sudah final.

”Persiapannya saat ini sudah memasuki proses penetapan lokasi trase. Jika trase sudah final, nanti tol Bawen-Sleman akan tersambung dengan tol Yogyakarta-Solo. Rencananya, itu dibuat dengan bentuk struktur melayang di atas selokan Mataram,” kata Hanung.

Menurut Hanung, groundbreaking tol Bawen-Yogyakarta rencananya pada awal 2019. Jika sudah terealisasi, diharapkan bisa membuka akses untuk daerah-daerah yang dilalui dan daerah sekitarnya, seperti Temanggung dan Wonosobo.

“Bukan hanya itu, tol Bawen-Yogyakarta juga akan terkoneksi dengan bandara di Kulonprogo dan sejumlah lokasi wisata,” tutur Hanung.

Hanung menambahkan, jalan tol Semarang-Yogyakarta merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang pembangunannya dimulai pada 2018 ini.

“Jalan Tol Semarang-Yogyakarta terbagi menjadi dua ruas, yakni ruas Yogyakarta-Magelang dan Magelang-Bawen,” tambahnya.  (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *