Penuhi Syaratnya Sebelum Ajukan Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana

SEMARANG (Asatu.id) – Sejumlah syarat harus dipenuhi para pemohon surat keterangan (Suket) tidak pernah dipidana dan dicabut hak pilihnya di Pengadilan Negeri Semarang.

Dalam beberapa hari terakhir ini, PN Semarang dipenuhi puluhan bahkan ratusan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) baik untuk tingkat provinsi, kabupaten dan kota di Jawa Tengah, yang mengajukan suket sebagai salah satu pendaftaran calon wakil rakyat.

Permohonan suket tidak dipungut biaya. Para pemohon cukup melampirkan persyaratan yang dibutuhkan, yaitu surat permohonan yang ditujukan Ketua PN, surat pernyataan di atas materai Rp 6 ribu, foto copy KTP pemohon, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang sudah dilegalisir, pas photo berwarna 4×6 sebanyak 2 lembar, dan foto copy ijazah terakhir yang sudah dilegalisir.

Jangan lupa juga melampirkan surat keterangan desa atau kelurahan yang menerangkan bahwa pemohon tidak pernah melakukan tindak pidana, tidak pernah dicabut hak pilihnya dan pemohon benar-benar warga setempat.

Saat proses pengajuan, pemohon juga harus sedikit sabar karena surat tersebut tidak bisa jadi dalam sehari. Hal itu disebabkan minimal dua hal, yakni banyaknya jumlah pemohon dan pihak PN juga harus membuka data register. Sebab pihak PN tidak bisa menjamin pemohon benar-benar tidak pernah dipidana.

Pelayanan permohonan surat tersebut dibuka dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, sedangkan Jumat dibuka sampai dengan pukul 15.30 WIB.

24

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan