Jalan Untung Suropati dan Jalan Abdurahman Saleh akan Dilebarkan

SEMARANG, (Asatu.id) – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang akan melakukan peningkatan jalan, yakni Jalan Untung Suropati dan jalan Abdurahman Saleh pada tahun 2018 ini.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Iswar Aminuddin mengatakan, total pagu anggaran untuk kedua paket pekerjaan tersebut sekitar Rp 13,5 miliar.   Saat ini progres peningkatan jalan tersebut masih dalam tahap lelang. Sementara dengan dilakukan peningkatan jalur tersebut, diharapkan bisa menjadi jalan alternatif masyrakat menuju ke Ngaliyan dan Mijen.

”Setelah dilakukan peningkatan, nantinya lebar jalan menjadi 20 meter dengan dilengkpi trotor,” katanya, Rabu (4/7)

Lebih lanjut, Ia menjelaskan untuk pekerjaan Jalan Abdurahman Saleh dilakukan setelah jembatan tol manyaran hingga traffic light manyaran.  Sementara untuk di Jalan Untung Suropati mulai dari trafic light Manyaran hingga pertigaan menuju ke arah Gunungpati.

”Kami sudah berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti dinas perdagangan dan satpol untuk menertibkan PKL yang berada di jalur tersebut. Sebab, lahan itu sudah sejak tahun 1980 dibebaskan,” imbuhnya.

Kepala Bidang Bina Marga DPU, Saelan merinci untuk pekerjaan Jalan Abdurahman Saleh pagu anggarannya Rp 10 miliar. Sementara di Untung Suropati Rp 3,5 miliar.

”Nanti jalan tersebut akan dilebarkan mengingat kendaraan di area tersebut sudah cukup padat.  Kita juga akan lengkapi dengan trotoar.” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan Dinas Perdagangan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sudah membongkar puluhan PKL di sepanjang jalur tersebut. Dinas perdagangan menawarkan relokasi para PKL tersebut ke Pasar Bulu dan Pasar Sampangan.

”Hingga saat ini ada sekitar 64 pedagang yang bersedia direlokasi. Kami berusaha memfasilitasi para PKL untuk bisa berjualan lagi,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *