Tidak Puas dengan Kinerja KPU? Silakan Tempuh Jalur Hukum

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Joko Purnomo menegaskan, pihaknya telah melaksanakan proses penyelenggaraan Pilkada 2018 secara optimal.

Mengenai baik atau buruknya proses, Joko mempersilakan masyarakat untuk menilai. Termasuk jika ada pasangan calon (paslon) yang tidak puas dengan kinerja KPU, diharapkan untuk menempuh jalur sesuai mekanisme yang ditetapkan.

“Terkait dengan ketidakpuasan, UU telah memberikan mekanisme yang bisa ditempuh. Silakan jalur itu digunakan,” kata Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, Kamis (28/6) malam.

Joko juga menyinggung persoalan daftar pemilih tetap (DPT) ganda. Menurutnya, pihak KPU Jateng sudah menjawab melalui surat maupun secara langsung.

“Soal data yang terbukti ganda telah dilakukan perbaikan dengan cara melakukan pencoretan terhadap salah satu pemilih dalam DPT tersebut,” katanya.

Joko menyontohkan, dari 188.245 DPT yang dilaporkan ganda, KPU Jateng memastikan hanya data 23.148 warga yang benar-benar ganda.

Sementara soal informasi adanya surat suara yang dicoblos, Joko mengaku timnya tidak menerima laporan, meski di media sosial sempat beredar kabar itu.

“Memang beredar, ada satu yang dilengkapi dengan proses pembakaran. Itu adalah proses pemusnahan sisa surat suara rusak hasil sortir,” paparnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *