Mahasiswa Seni Rupa Unnes Pamerkan Karya Membangun Semangat Kebersamaan

SEMARANG (Asatu.id) Mahasiswa Seni Rupa, Universitas Negeri Semarang (Unnes) angkatan tahun 2015 memamerkan karya-karya mereka yang dikemas dalam bentuk pameran. Karya-karya yang dipamerkan itu mengusung konsep membangun semangat kebersamaan.

Wakil Ketua Panitia, Arif Wicaksono mengatakan karya yang dipamerkan telah melalui proses kurasi. Karya yang dipamerkan harus memiliki kaitan dengan konsep yang telah dipilih. Dari 29 karya, beberapa diantaranya memanfaatkan barang bekas sebagai media.

“Kami diberi kebebasan oleh dosen untuk berkarya sekreatif mungkin. Salah satunya dengan menggunakan barang-barang bekas sebagai media. Kami sepakat memamerkan tiga jenis karya, yakni lukisan kanvas, 3D seni instalasi, dan lukisan eksperimental,” tutur pemuda yang akrab disapa Arif itu, Jumat (29/6).

Adapun, kegiatan art exhibition bertajuk “Blaba Woeda” itu diadakan empat hari berturut mulai Selasa-Jumat (26-29/6). Bertempat di Gedung Kesenian Ambarawa Jalan Mgr Soegiyopranoto No 13, nantinya kegiatan tersebut berisi berbagai acara, bukan hanya pameran. Adapun Blaba Woeda bisa diartikan tanpa busana, artinya apa adanya.

“Selain pameran, kegiatan ini juga berisi , bedah karya, screening film, live akustik, dan workshop . Rangkaian kegiatan itu dibagi menjadi empat hari tanpa memungut biaya masuk. Siapapun yang ingin bergabung silakan datang,” kata dia.

Adapun, terdapar dua workshop yang akan diadakan, yakni workshop clay dan workshop grafis. Workshop grafis akan diisi Komunitas Akar Merdeka.

“Kami ingin membangun kembali semangat kebersamaan karena akhir-akhir ini marak isu egoistis. Orang cenderung mementingkan diri sendiri ketimbang orang lain. Adapun kami memilih tempat di Ambarawa karena ingin mengajak masyarakat sekitar untuk bisa menikmati seni dan kebudayaan yang kami tampilkan,” ujar dia. (is)

32

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan