Udinus Sosialisasi Pentingnya Storyboard Vlog

SEMARANG (Asatu.id) – Program studi Animasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) ingatkan pentingnya storyboard dalam pembuatan video blog (Vlog).

Ristia Kadiasti, Dosen Program Studi Animasi menuturkan bahwa Storyboard bisa diibaratkan seperti blueprint dari sebuah perencanaan perancangan film. Menurutnya tanpa adanya storyboard dalam awal pembuatan film maupun vlog, akan membuat pesan tak akan tersampaikan kepada penikmat film maupun vlog dan akan membuat film monoton.

“Penggunaan storyboard tidak hanya terkotak pada film saja, namun juga animasi, iklan, dan hal-hal yang berhubungan dengan pergerakan kamera. Pembuatan storyboard sederhana juga dibutuhkan dalam pembuatan vlog,”ujar Risti, Selasa (26/6).

Ungkapnya dalam pembuatan Storyboard tidak memiliki patokan yang mutlak, masing-masing studio maupun perorangan saat pra produksi memiliki gayanya sendiri dalam pembuatan storyboard. Namun setiap storyboard harus memiliki keterangan pergerakan kamera yang jelas dan penempatan tokoh yang tepat.

“Semakin detail keterangan dalam storyboard akan memudahkan dalam proses pembuatan vlog. Gaya membuat storyboard memang berbeda-beda, ada yang memberikan keterangan jelas hingga detail waktu, ada juga yang hanya menempatkan karakter dan pergerakan kamera saja ,” Imbuh Risti.

Pelatihan yang diikuti sekitar 50 peserta dari empat sanggar tari yakni Sanggar Kesenian Lindu Panon Semarang, Sanggar Antika Budaya, dan Kareista Balamuseum, diselenggarakan di Museum Ronggowarsito Semarang. Selain itu, diikuti juga dua komunitas dari Udinus yakni Komunitas tari Udinus serta Komunitas E-Gamelan Udinus.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *