Halal Bi Halal, Sekda Ajak Tingkatkan Ibadah dan Kinerja

SEMARANG (Asatu.id) – Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sri Puryono mengajak para hadirin yang hadir dalam acara halal bi halal di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jateng, Jumat (22/6), agar meningkatkan kinerja dan ibadah di bulan Syawal tahun ini.

Sekda menambahkan, dalam surat Ali Imran ayat 134 dijelaskan ciri-ciri orang bertakwa. Di antaranya menginfakkan hartanya di waktu luang dan sempit, serta meningkatkan iman setelah puasa sebulan penuh.

“Ciri lainnya adalah mampu menahan amarah, mudah memaafkan kesalahan orang lain, berusaha memperbaiki diri, serta gemar berbuat kebajikan. Bagaimana pun Allah suka kepada umat Islam yang senantiasa melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya,” ujarnya.

Menurut sekda, bagi yang meyakini hal itu, maka dari tahun ke tahun mereka akan selalu meningkatkan iman dan takwa. Terutama saat Ramadan dan setelahnya, senantiasa melaksanakan ibadah dan berbuat kebajikan terhadap sesama, serta sikap dan pikiran semakin baik.

Sekda menerangkan, ada yang khas dari perayaan Hari Raya Syawalan, yakni makna “Kupat” yang memiliki makna empat “L”, yakni “Lebaran”, “Lebur” atau saling memaafkan, “Luber” yang berarti memberikan kepada orang lain, kemudian ‘Labur” atau putih bersih.

“Lebaran dan budaya lebur menjadi satu kemudian munculah kepribadian dan budi pekerti. Jadi agama oke dan budaya yang tidak bertentangan dengan agama dan norma masyarakat tetap jalan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Dadang Somantri membeberkan, ramadan menjadi pembelajaran mengenai disiplin, keikhlasan, serta kepedulian sosial. Ketiganya itu diharapkan dapat terus diterapkan dalam keseharian, sehingga menjadi pribadi yang lebih baik. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *