Masalah Lingkungan Jateng Jadi Fokus Debat Pilgub Jateng Tiga

SEMARANG (Asatu.id) – Penanganan kawasan  lingkungan menjadi salah satu fokus dalam acara debat terbuka ketiga pilgub jateng 2018 selain demokrasi dan hukum.

Kedua paslon memiliki pandangannya sendiri-sendiri terkait permasalahan lingkungan di Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo, cagub dari paslon nomor urut satu mengatakan, lingkungan menjadi fokus utama Jateng dengan pembangunan daerah yang harus juga digenjot untuk memaksimalkan potensi yang ada.

Pihaknya, amat menyesali tentang isu adanya pengairan yang tercemar di Kabupaten Pati yang merusak lingkungan. Menurutnya, video yang beredar selama ini mengenai dampak lingkungan tidak benar.

“Pemprov sudah menyiapkan beberapa embung dan air yang mencukupi untuk petani sehingga kegiatan pertanian tidak terganggu,” ujarnya, Kamis (21/6).

Ganjar memaparkan, Pemprov Jateng juga telah melakukan langkah dalam penanggulangan rob dan banjir dengan menerapkan water management yang baik.

“Kami selama lima tahun pemprov sudah melakukan berbagai kajian mengenai water management yang baik untuk penanganan rob. Dan lima tahun ini sudah mulai pembangunan tanggul laut di sepanjang pantura” imbuhnya.

Sementara itu, cagub dari paslon nomor urut dua Sudirman Said mengatakan, jika permasalahan lingkungan di jateng saat ini sudah parah. Dia mencontohkan imbas air yang tercemar di Pati membuat para petani kesulitan mendapatkan air bersih untuk persawahan.

“Imbasnya juga air tidak dapat digunakan dan tidak layak diminum,” ucapnya.

Pihaknya berjanji, jika diberi kepercayaan memimpin jawa tengah, dirinya akan menggarisbawahi permasalahan lingkungan tersebut menjadi prioritas yang harus diselesaikan. (is)

 

 

 

30

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan