Biar Enjoy, Nikmati Arus Balik sebagai Wisata Kuliner

SEMARANG (Asatu.id) Penggunaan tol fungsional di Jawa Tengah untuk jalur arus balik secara resmi telah dimulai sejak Senin (18/6) pagi. Perjalanan panjang para pemudik ke arah barat pun dimulai. Perjalanan lewat jalan tol bisa berlanjut sampai ujung barat seperti Bandung dan Jakarta.

Agar tetap enjoy dan tidak merasakan kelelahan yang amat sangat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengharapkan arus balik pada Idul Fitri 1439 H ini menjadi ajang wisata kuliner.

“Kami telah mempersiapkan segala hal, salah satunya prasarana. Oleh karenanya, nanti waktu pulang mudik itu baliknya mudik kuliner. Jadi sambil kuliner, kita akan bikin campaign, bikin brosur, mengedukasi bagaimana kearifan lokal itu bisa dijajaki oleh masyarakat,” kata Budi Karya.

Salah satu upaya untuk menarik minat pemudik adalah dengan memperbaiki dan merawat lokasi peristirahatan atau rest area yang ada di sepanjang jalur.

“Yang harus diperhatikan adalah rest area, tempat rekreasi. Yang sudah kami inventarisir ada 24 tempat, 21 di antaranya sudah ada, tapi yang tiga kami taruh di beberapa kota seperti di Batang, Tegal, dan Pekalongan,” tutur Menhub.

Makanan-makanan khas daerah itu tidak hanya bisa diperoleh di beberapa ruas tol yang dijajakan warungan dadakan. Para pemudik juga bisa keluar tol dan mencari jajanan tradisional di setiap kota yang dilalui dengan melalui jalan regional. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *