Harga Daging Sapi Belum Turun

SEMARANG (Asatu.id) – Harga daging sapi yang merangkak naik menjelang Lebaran, sampai saat ini belum turun. Kenaikan harga berkisar antara Rp 5 ribu-Rp 8 ribu per kilogramnya. Harga daging sapi segar naik menjadi Rp 108 ribu dari yang sebelumnya Rp 95 ribu-Rp 100 ribu.

Kenaikan harga daging sudah terjadi empat hari menjelang Lebaran. Menurut para pedagang, kenaikan itu biasanya akan berlangsung sampai seminggu atau 10 hari setelah Lebaran.

”Biasanya sampai syawalan (seminggu usai Lebaran) dan bisa lebih. Setelah itu akan kembali normal. Biasanya seperti itu,” ujar Nyonya Sum, salah satu pedagang di Pasar Johar Relokasi Masjid Agung Jawa Tengah.

Nyonya Sum dan pedagang lainnya banyak yang mengambil daging pedagang dari Ampel, Boyolali. Ia mengaku menaikkan harga dagingnya karena memang dari pusatnya sudah mahal.

“Kami ini kan pedagang eceran. Kalau belinya sudah mahal ya harga di pengecernya mengikuti,” tuturnya.

Bahkan, tambah nyonya Sum, harga daging sapi kering kualitas bagus, harganya mencapai Rp 120 ribu dari yang sebelumnya Rp Rp 100 ribu-Rp 110 ribu. Meski mahal, permintaan akan daging saat ini juga meningkat berkaitan dengan momen Lebaran. (is)

 

11

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan