Olahan Kayu Dominasi Komuditas Ekspor Jawa Tengah

SEMARANG (Asatu.id) – Barang olahan kayu menjadi salah satu komuditas ekspor terbanyak di Jawa Tengah. Beberapa kota yang menjadi penyumbang ekspor seperti Semarang, Solo, Blora dan Jepara.

Ketua Umum Komunitas Eksportir Muda Indonesia (KEMI), Kustanto mengatakan potensi bisnis di Jawa Tengah kian meningkat, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya calon eksportir mengenalkan produknya yang akan diekspor, Selasa (12/6).

“Banyak calon eksportir muda yang ingin mengenalkan produknya untuk diekspor, yang sebagian besar merupakan komuditas olahan kayu,” katanya.

Ia menambahkan, terjadi peningkatan calon eksportir yang akan menjual produknya ke luar negeri.

“Eksportir muda Jawa Tengah terus meningkat hingga sekarang tercatat 250 orang eksportir muda yang tersebar di beberapa kota diantaranya Semarang, Solo, Blora dan Jepara,” tambahnya.

Di sisi lain, sambungnya, dengan adanya KEMI diharapkan akan dapat mewadahi eksportir muda untuk berani memasarkan produknya ke luar negeri.

“KEMI berusaha mewadahi para pengusaha muda khususnya yang bergerak di Industri Kecil Menengah (IKM), untuk berani memasarkan produk buatan mereka ke luar negeri. Tercatat, anggota 20 persen anggota sudah aktif dalam kegiatan ekspor Indonesia,” pungkasnya. (is)

85

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan