Akhirnya Jembatan Pelengkung Kali Kutho Bisa Dilewati Pemudik

SEMARANG (Asatu.id) – Jembatan Pelengkung Kali Kutho yang terletak di perbatasan Kendal – Batang, akhirnya selesai dan bisa dilewati pemudik yang melintas lewat jalan tol fungsional Semarang – Batang, sejak Rabu (13/6).

Sebelumnya sempat dikhawatirkan jembatan itu belum bisa digunakan untuk arus mudik Lebaran 2018. Namun pihak PT Waskita Karya yang menangani proyek itu sejak awal memberi jaminan bahwa jembatan sepanjang 160 meter dan lebar 32 meter itu bakal bisa dioperasikan bersamaan ruas jalan tol Semarang – Batang.

“Pembangunan jembatan secara fisik sudah selesai. Kontraktor sudah memasang lantai jembatan sepanjang 100 meter dan bisa dilewati,” kata Manajer Proyek PT Waskita Karya Batang-Semarang, Muhammad.

Pemasangan pelengkung jembatan tersebut, menurut Muhammad membutuhkan waktu tiga pekan, dengan tingkat kesulitannya sangat tinggi. Apalagi pelengkungnya dirangkai di lokasi.

Muhammad juga merinci tingkat kesulitan pembuatan jembatan pelengkung itu. Bahkan ia menggambarkannya lebih sulit dibanding pembuatan jembatan Holtekamp di Papua.

‘’Jembatan pelengkung Kali Kutho sangat berbeda dengan Jembatan Holtekamp di Papua. Pelengkung Jembatan Holtekamp hanya dua dimensi, sedangkan di Kali Kutho bentuknya tiga dimensi dan pemasangannya juga rumit. Butuh waktu tiga pekan untuk memasangnya,’’ tutur Muhammad. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *