Baznas Kota Semarang Salurkan 12 Ton Beras Zakat Fitrah

SEMARANG (Asatu.id) – Sebanyak 12 ton beras dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang disalurkan kepada yang berhak menerima zakat di Kantor Baznas, Jalan Wr Supratman No 77, Semarang, Senin (11/6).

Menurut Manager Baznas Kota Semarang, Muhammad Asyhar, kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan. Zakat fitrah berupa beras tersebut dihimpun Baznas Kota Semarang dari aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Semarang dan masyarakat.

“Tahun sebelumnya hanya 8 ton, alhamdulillah tahun 2018 ini meningkat menjadi 12 ton. Beras tersebut juga kami distribusikan kepada warga miskin di sekitar kantor Baznas Kota Semarang, masing-masing menerima 5 kg beras,” kata Asyhar.

Tidak hanya itu, lanjut Asyhar, pihaknya juga memberikan bantuan beras kepada 50 Lembaga Yayasan Sosial dan Panti Asuhan. Kemudian 20 Lembaga Pendidikan, 28 masjid dan musala serta 2.000 warga miskin di Kota Semarang. Ada tukang parkir, buruh, dan lain-lain.

Mengenai mekanisme pendistribusian zakat fitrah, menurut Asyhar, dilakukan berdasarkan pengajuan dari pemohon dengan mengetahui pihak kelurahan setempat.

“Kemudian ada tim relawan yang melakukan kajian mendalam dan survei, setelah itu baru kami bisa memberikan kepada mustahik (penerima zakat). Dengan cara itu kami berharap bisa tepat guna dan tepat sasaran,” jelasnya. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *