Hati-hati Pasar Tumpah dan Perlintasan Kereta Api

SEMARANG (Asatu.id) – Jalur Kendal-Semarang yang merupakan jalur nasional diperkirakan menjadi salah satu jalur rawan macet selama mudik Lebaran tahun ini.

Di samping karena adanya peningkatan volume kendaraan yang melintas, juga karena adanya pasar tumpah dan perlintasan kereta api.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Satriyo Hidayat mengatakan, untuk tahun ini manajemen rekayasa lalu lintas yang paling berat justru di jalan nasional.

“Tol fungsional Batang-Semarang sudah bisa dilewati sehingga banyak kendaraan pribadi dari arah Jakarta menuju Semarang memilih masuk ke ruas tersebut. Karena itu, banyaknya pemudik yang masih tetap melintas di jalan nasional dan ditambah kendaraan berat juga masih melintas, maka titik krusial mudik ada di wilayah Kendal-Semarang dan ditambah Solo,” kata Satriyo.

Dinas Perhubungan akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, agar bisa mengantisipasi dan mengurai kepadatan jika jalur Kendal-Semarang sudah tidak mampu menampung volumen kendaraan yang melintas.

Satriyo menambahkan, akan ada sedikit perbedaan dibanding tiga Lebaran sebelumnya. Terutama soal pembatasan kendaraan berat boleh melintas.

“KamiSehingga akan mencari solusi agar kendaraan berat tidak menimbulkan kemacetan pada saat melintas,” tambahnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *