Siaga Lebaran, Basarnas Jateng Tempatkan Helikopter Rescue di Ngaliyan

SEMARANG (Asatu.id) – Basarnas Jawa Tengah secara khusus menempatkan Helikopter Rescue (HR) jenis AS365N3 Dauphin di wilayah Ngaliyan, Semarang. Tujuan penempatan helikopter tersebut untuk mendukung pelaksanaan Siaga SAR Khusus angkutan Lebaran 2018, dari 7 hingga 24 Juni 2018.

”Selain untuk memantau kepadatan lalu lintas di sepanjang jalur mudik Pantura maupun wilayah lain di Jateng, helikopter ini juga siap untuk melakukan pertolongan jika terjadi kecelakaan atau bencana,” ungkap Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Marinir) Bambang Suryo didampingi Kepala Basarnas Jateng Noer Isrodin Muchlisin, Sabtu (9/6).

Bambang Suryo menambahkan, Basarnas Jateng juga membuka akses telepon untuk memudahkan masuknya informasi penanganan kejadian kecelakaan. Masyarakat dapat menghubungi call center (024) 115. Jasa pelayanan SAR yang diberikan gratis.

Sementara itu Kepala Basarnas Jateng, Noer Isrodin Muchlisin menjelaskan, pihaknya menyiapkan 128 personel untuk disiagakan di beberapa tempat di Jawa Tengah, antara lain di tol Pemalang, area Semarang, Jepara, Surakarta, Cilacap dan Wonosobo. Selain itu, disiagakan pula kapal 40 meter di pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Rigid Inflatable Boat di Batang.

Dijelaskan Noer Isrodin, Siaga SAR digelar sebagai kesiapsiagaan Basarnas dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas darat, udara dan laut yang membutuhkan penanganan khusus dalam penyelenggaraan Siaga SAR Angkutan Lebaran dan antisipasi di daerah wisata.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *