Jateng Beri Bantuan Warga Rohingya

SEMARANG (Asatu.id) – Sebanyak kurang lebih 14 instansi/ lembaga di Jawa Tengah, yakni Bank Jateng, Forkom BKK Jateng, Korpri Jateng, PT Jamkrida, Majelis dan Umat Budha Jawa Tengah, memberikan bantuan kemanusiaan sebesar Rp 256 juta bagi warga muslim Rohingya.

Bantuan kemanusiaan tersebut diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono kepada Ketua PMI Jawa Tengah Imam Triyanto.

Sekda mengatakan langkah tersebut menjadi bagian dalam menjaga rasa solidaritas. Pihaknya pun mengapresiasi pada masyarakat Jawa Tengah, termasuk Majelis dan Umat Budha Jawa Tengah yang ikut memberikan perhatian tersebut.

“Rasa solidaritas harus mampu bergerak menembus batas perbedaan. Saat ini, Jawa Tengah membantu masyarakat Rohingya bukan semata-mata karena masyarakat muslim, tapi karena permasalahan yang mereka hadapi memang butuh perhatian dan bantuan,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Ketua PMI Jawa Tengah Imam Triyanto tidak menduga, banyak lembaga/instansi yang ikut memberikan bantuan. Ia menambahkan, nantinya bntuan itu akan langsung diteruskan untuk diserahkan kepada PMI pusat untuk kemudian disalurkan.

“Semua bantuan melalui PMI sebagaimana ketentuan yang diatur federasi red cross maupun international committee of red cross, harus melalui perwakilan PMI pusat. Sehingga, bantuan ini akan kami teruskan ke PMI pusat, untuk selanjutnya diberikan warga Rohingya,” imbuhnya.

Selanjutnya, sesuai kesepakatan antarnegara, digunakan untuk membantu pembangunan rumah sakit. Pembangunan tersebut dalam artian mulai dari pembangunan fisik sampai dengan sarana prasarana. (is)

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *