Dirut Angkasa Pura I Targetkan 6,9 Juta Penumpang Dua Tahun Ke Depan

SEMARANG (Asatu.id) – Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menargetkan terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, bakal bisa menampung penumpang hingga 6,9 juta orang dalam waktu dua tahun ke depan.

Hal ini diungkapkan usai menghadiri peresmian terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo baru-baru ini.

“Dengan begitu, bandara tersebut bakal menjadi daya tarik tersendiri dan bisa menawarkan rute baru penerbangan internasional,” katanya

Faik mengatakan bandara baru ini menarik karena memenuhi standar internasional, sehingga lebih pede (percaya diri) lagi untuk dijual.

“Demand sudah tinggi sebenarnya, tapi karena kendala lack of capacity di terminal lama,” ujarnya

Faik menambahkan, dalam peak season seperti Lebaran kali ini, kapasitas penumpang meningkat hingga 8 persen. Pada 2017, dengan kondisi penerbangan di terminal lama, kapasitas penumpang saat Lebaran mencapai 16.700 penumpang per hari.

“Sedangkan pada 2018, dengan terminal baru, lonjakan penumpang diperhitungkan menjadi 18 ribu orang per hari. Sementara itu, kapasitas terminal baru diperhitungkan bisa menampung 20 ribu penumpang per hari saat peak season,”pungkasnya

Selain itu, lanjut dia, terminal lama menampung 4,4 juta penumpang per tahun, dengan 12 ribu penumpang per hari.
“Bandara ini sebenarnya sudah 99 persen, namun lahan parkir masih digarap,” tukasnya

Selama ini, imbuhnya, penerbangan internasional paling banyak diminati turis asing yang melakukan penerbangan dari Singapura dan Malaysia.

“Selain berencana menambah jumlah rute penerbangan, kami juga akan menambah sumber daya manusianya, dari 150 pegawai menjadi sekitar 200 pegawai di terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *