Presiden Jokowi Puji Arsitektur Terminal Baru Bandara Ahmad Yani

SEMARANG (Asatu.id) – Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kamis (7/6).  Presiden yang mengenakan kemeja warna putih lengan panjang itu datang menggunakan pesawat Kepresidenan yang diparkirkan di area apron terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang.

Tak sendiri, orang nomor satu di Indonesia yang akrab disapa Jokowi itu datang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.  Selain itu, sejumlah pejabat penting negara juga tampak hadir dalam peresmian tersebut, seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Jubir Kepresidenan Johan Budi, dan Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.

Jokowi pada sambutannya menyatakan kesedihan dan keprihatinannya melihat kondisi terminal lama Bandara Ahmad Yani Semarang. Dia mengaku terakhir menggunakan terminal lama Bandara Ahmad Yani sejak empat tahun yang lalu.

“Ketika saya masuk terminal lama yang dulu, saya merasa sedih gitu. Katanya ini bandara internasional, tapi kok terminalnya seperti ini, berdesak-desakan, bangunannya juga kumuh banget, bertahun-tahun tidak dibangun,” ujarnya.

Kemudian, melihat kondisi bandara tersebut, dua tahun yang lalu Presiden Jokowi memerintahkan Menteri BUMN dan PT Angkasa Pura I agar membenahi Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

“Sekarang kita lihat, alhamdulillah sekarang sudah selesai dan bisa digunakan. Saya tidak mengecek, tahu-tahu jadi, secara arsitekturnya bagus, lingkungannya cantik, kelihatan juga arus lalu lintas keluar masuk bandara bagus,” ungkapnya.

Namun demikian, menurut Jokowi, hanya satu kekurangan dari Bandara Internasional Ahmad Yani yakni runway (landasan pacu) yang kurang panjang.

Runway-nya masih kurang panjang, saya minta kepada Pak Menteri akhir tahun depan sudah 3.000 meter, tidak seperti sekarang yang hanya 2.500 meter,” katanya.

Maka dari itu, Jokowi memerintahkan secara khusus Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait dengan penambahan panjang runway Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang menjadi 3.000 meter. (is)

 

37

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan