Jokowi: Eco Airport Ahmad Yani Ciptakan Daya Saing Negara Lain

SEMARANG (Asatu.id) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani mengalami loncatan kapasitas yang dapat menampung penumpang.

Hal ini diungkapkannya saat melakukan kunjungannya ke Kota Semarang untuk meresmikan Bandara Internasional Ahmad Yani yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Kamis (7/6).

“Kalau dulu biasanya kapasitas hanya bisa menampung 800 ribu penumpang per tahun, kini bisa meloncat menjadi 6,5 juta orang per tahun,” jelasnya.

Presiden RI yang akrab disapa Jokowi ini juga menuturkan pelayanan kargo juga meningkat, yang tadinya 10 ribu ton per tahun menjadi 16 ribu ton per tahun.

“Ini berarti kesempatan pengiriman kargo ke luar negeri juga sangat terbuka lebar,” tukasnya.

Selain itu, lanjut dia, berbagai fasilitas baru juga akan dibuat demi memanjakan dan memeberikan kenyamanan kepada penumpang. Terlebih secara keseluruhan Bandara Internasional Ahmad Yani menggunakan konsep eco-airport atau ramah lingkungan.

“Bandara ini kan dibangun di atas rawa untuk itu kita harus menjaga konsep ramah lingkungan ini, sehingga betul-betul bisa mencerminkan konsep eco-airport, tadi saya juga sudah titip agar suasana ramah lingkungan ini bisa terus dijaga bersama-sama,” pungkasnya.

Maka dari itu, lanjut dia, harapannya dapat memberikan daya saing negara kita agar bisa berkompetisi dengan negara lain.

“Artinya ada produktivitas lebih baik dan daya saing lebih baik, sehingga untuk tahapan besar selanjutnya kita bisa membenahi hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM),” paparnya.

Dalam peresmian Bandara Internasional Ahmad Yani hadir pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Jubir Kepresidenan Johan Budi, Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.

Kemudian hadir Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar, Jaksa Agung H.M Prasetyo. Kapolda Jateng, Pangdam IV Diponegoro, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang. (is)

 

 

18

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan