Jadikan Ramadan sebagai Momentum Mawas Diri

SEMARANG (Asatu.id) – Aspers Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Gatot Heru Buana SH mengajak segenap muslimin dan muslimat agar menjadikan bulan suci Ramadan sebagai momentum mawas diri dan introspeksi diri.

Hal ini dikatakan Gatot Heru Buana mewakili PangdamIV/Diponegora dalam sambutannya saat menjadi tuan rumah kegiatan Taraweh Keliling (Tarling) Badan Amalan Islam (BAI) Provinsi Jawa Tengah putaran 17, di Masjid Al-Firdaus Kodam IV/Diponegoro, Selasa (5/6) malam.

“Mari kita jadikan bulan suci Ramadan ini sebagai momentum untuk mawas diri sekaligus melakukan introspeksi sejauh mana kita telah melaksanakan ajaran agama dengan benar dan sejauh mana pengamalan nilai-nilai luhur agama Islam dalam kehidupan sehari-hari dapat diaktualisasikan,” ujar Gatot Heru Buana.

Selain itu, lanjut dia, melaksanakan ibadah puasa dalam bulan Ramadan juga sangat bermanfaat dalam membangun prajurit yang bermental tangguh, sehingga diharapkan berhasil dalam melaksanakan tugasnya.

“Bulan Ramadan dapat membangun mental prajurit yang tangguh, karena selama sebulan jiwa dan raga digembleng untuk menjadi manusia yang unggul,” tandasnya.

Gatot menjelaskan kegiatan tarling ini dapat dijadikan ajang tali silahturahmi untuk memperkuat rasa kekeluargaan dan kebersamaan demi meraih keberhasilan bangsa dan negara.

“Untuk itu esensi terpenting bagi umat muslim dalam bulan Ramadan ini adalah dalam rangka membangun jiwa yang tangguh dan sekaligus menjadi sarana untuk belajar mengendalikan diri jika didasari keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT secara tulus dan ikhlas,” pungkasnya. (is)

 

17

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan