Besok, Terminal Baru Bandara A Yani Diresmikan Jokowi

SEMARANG (Asatu.id) – Presiden Joko Widodo akan meresmikan terminal baru Bandara Ahmad Yani, Kamis (7/6) besok. Terminal yang mengusung paduan konsep ecogreen airport itu tergolong unik, karena menjadi satu-satunya terminal apung pertama di Indonesia.

Kenapa disebut sebagai bandara terapung? Jawabnya, karena terminal baru Bandara Ahmad Yani tersebut dibangun di atas lahan lunak dan sebagian besar berair.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi menuturkan, pembangunan terminal bandara Ahmad Yani menghabiskan anggaran sebesar Rp 990 Miliar. Namun secara keseluruhan pembangunan terminal bandara baru ini menghabiskan biaya Rp 2,2 Triliun.

“Skemanya itu dari internal kami bukan dari APBN. Seluruh maskapai penerbangan pun akan beroperasional di terminal baru,” katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan untuk pengecekan terakhir sebelum diresmikan, Selasa (5/6).

Kedua menteri tersebut didampingi Direktur Angkasa Pura I Faik Fahmi, Kapolda Jawa Tengah Condro Kirono, Sekda Jateng Sri Puryono.

“Secara umum saya merasa puas dengan hasil karya yang baik ini. Semuanya tersebut hasil karya anak bangsa,” kata Menhub Budi Karya. (is)

 

 

23

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan