DKP Gelar Bazar Ramadan Olahan Ikan

SEMARANG (Asatu.id) – Berbagai olahan ikan seperti krupuk ikan, nugget, presto, bandeng tanpa duri dan lain sebagainya memenuhi acara “Bazar Ramadhan” yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Tengah. Acara yang berlangsung, Selasa (5/6), diikuti kurang lebih 70 UMKM olahan ikan dari daerah di Jateng.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng, Lalu M Syafriadi mengatakan, selain ikut serta dalam pemenuhan kebutuhan makanan, khususnya protein, kegiatan Bazar Ramadan tersebut juga sebagai langkah DKP dalam sosialisasi gemar makan ikan.

“Sebagaimana kita tahu, konsumsi ikan di Jateng ini masih rendah, baru sekitar 27,72 persen. Dan kalau kebutuhan yang disarankan kesehatan itu asupan protein itu paling tidak 100 gram perhari atau 36 kg per kapita per tahun. Oleh karena itu dengan acara ini harapannya masyarakat juga lebih gemar lagi makan ikan,” ujarnya.

Lalu menerangkan potensi ikan di Jawa Tengah, baik budidaya maupun tangkap, sangat mencukupi untuk kebutuhan masyarakat. “Potensi ikan di Jawa Tengah untuk budidaya itu sampai 500 ribu ton. Sedangkan untuk tangkap mencapai kurang lebih 350 ribu ton. Ini belum di tambah impor salem, dan ini sangat cukup,” imbuhnya.

Dia berharap Bazar Ramadan ini bisa memberikan kepercayaan kepada ibu rumah tangga agar menambah asupan protein ikan dalam menu keluarganya. “Di satu sisi kami ingin menjadikan protein ikan ini menjadi substitusi  mengatasi harga daging yang melambung sampai Rp 130 Ribu/kg. Kami berkeinginan agar masyarakat tidak kekurangan gizi khususnya protein,” ucapnya.

Tak berhenti sampai di situ, DKP Jateng melalui even bazar tersebut juga melakukan pendataan, pengarahan dan pembinaan bagi UMKM baru yang belum memiliki Sertifikasi Kelayakan Pengolahan (SKP) yang merupakan syarat wajib bagi UMKM.

“Ini adalah implementasi UU pangan. Kita akan lakukan pembinaan. Dan kemudian bagaimana untuk UMKM baru ini segera mendaftarkan ke MUI, dan BPPOM juga,” tukasnya.

Selain olahan makanan ikan, dalam Bazar tersebut juga terdapat stand sembako, fahion berupa baju muslim dan beberapa stand lainnya. (is)

47

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan