Pelabuhan Tanjung Emas Tempat Berlabuh Pemudik Gratis Asal Kalimantan

SEMARANG (Asatu.id) Para pemudik dari Kalimantan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Selasa (5/6). Rombongan ini merupakan pemudik yang mendapat program layanan mudik gratis ke daerah asal dari PT Pelindo III.

General Manager PT Pelindo III Semarang, Ardhy Wahyu Basuki menuturkan terdapat tujuh titik tujuan yang akan mendapat layanan gratis.

“Penumpang kapal Pelni yang berasal dari Kumai dan Sampit, selanjutnya akan diantar dengan bus Damri ke daerahnya. Ini tujuannya untuk mengurangi kemacetan sekaligus meningkatkan kenyamanan penumpang,” kata Ardhy.

Menurut Ardhy, pada layanan mudik gratis tahun 2018 ini, Pelindo III mengadakan mudik gratis di dua tempat, yakni Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Layanan mudik gratis ini ini ditargetkan bisa memfalitasi 14.000 penumpang.

“Semarang mendapat jatah sekitar 30 persen. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu. Pada 2017 lalu ada , 2.500 penumpang dan sekarang 4.500 penumpang,” ujar Ardhy.

Dia menjelaskan, titik tujuan mudik gratis adalah untuk arah timur di Rembang dan arah barat di Tegal. Sementara tujuan lain di Solo, Magelang, Purworejo, Wonosobo, dan Yogyakarta.

“Mereka akan diangkut dengan bus Damri. Untuk tahun-tahun selanjutnya, kita mengupayakan pengangkutan dengan kereta api agar daya angkut lebih banyak,” kata Ardhy.

Dia memperkirakan puncak arus mudik penumpang kapal yang mendarat di Pelabuhan Tanjung Emas akan terjadi pada H-1 dan H-2 Lebaran. (is)

14

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan